Thursday, March 5, 2015

15 Anime terbaik untuk GAMER



15-Anime-yang-Cocok-Ditonton-oleh-Gamer Seorang gamer seringkali dikategorikan sebagai orang yang nerdy, yang biasanya diasosiasikan punya ketertarikan kuat terhadap film-film fiktif berbasis animasi, seperti kartun dari Barat atau, mungkin, anime dari Jepang. Terlepas dari statusnya yang sekedar prejudice, tidak bisa dipungkiri, bahwa banyak dari kita, setidaknya dari fenomena yang kami amati, yang memang memenuhi prasangka ini. Seorang gamer tidak hanya jatuh cinta pada video game, tetapi juga membangun ketertarikan pada dunia anime yang begitu luar biasa. Kesamaan tema, cerita, gaya penceritaan, konflik yang menarik, di luar sifatnya yang tidak interaktif, membuat anime hampir selalu menarik untuk gamer, terlebih lagi untuk anime-anime yang masih memiliki keterkaitan dengan game.

Banyak sekali anime yang memang sangat terkait dengan game, entah itu anime yang diangkat dari game tertentu, mengisahkan seputar seorang gamer dengan berbagai konflik di sekelilingnya, ataupun menampilkan berbagai elemen yang ternyata berkaitan dengan dunia game. Kami berusaha mencari anime dari kategori kedua dan ketiga yang kami sebut di atas, yang menurut kami akan bisa dinikmati oleh gamer karena adanya berbagai hal terkait game yang ada di dalamnya. Dari banyak anime dengan tema seperti yang telah kami deskripsikan di atas, berikut ini adalah daftar 15 anime yang menurut kami sangat cocok untuk Anda, para gamer, tonton:

15. BTOOOM!

TopList Anime - 01
Seandainya game favorit Anda tiba-tiba bisa diwujudkan di dunia nyata, apakah Anda tertarik untuk mencobanya? Tentunya, jawaban dari pertanyaan tersebut akan bervariasi tergantung dari game apa yang menjadi favorit Anda. Bila game favorit Anda tersebut berkaitan dengan elemen saling membunuh antar pemain, dengan bantuan bom, bisa jadi Anda akan langsung menolak untuk mencobanya. Sayangnya, hal itu tidak berlaku bagi karakter dalam anime BTOOOM! ini, di mana mereka terpaksa melakukan hal seperti yang ada di dalam game yang mereka mainkan demi bertahan hidup. Satu pelajaran yang mungkin kita, sebagai gamer, bisa petik dari anime ini, “skill” dari dalam game yang kita mainkan mungkin saja akan bermanfaat di dunia nyata.
15.BTOOM!

Seandainya game favorit Anda tiba-tiba bisa diwujudkan di dunia nyata, apakah Anda tertarik untuk mencobanya? Tentunya, jawaban dari pertanyaan tersebut akan bervariasi tergantung dari game apa yang menjadi favorit Anda. Bila game favorit Anda tersebut berkaitan dengan elemen saling membunuh antar pemain, dengan bantuan bom, bisa jadi Anda akan langsung menolak untuk mencobanya. Sayangnya, hal itu tidak berlaku bagi karakter dalam anime BTOOOM! ini, di mana mereka terpaksa melakukan hal seperti yang ada di dalam game yang mereka mainkan demi bertahan hidup. Satu pelajaran yang mungkin kita, sebagai gamer, bisa petik dari anime ini, “skill” dari dalam game yang kita mainkan mungkin saja akan bermanfaat di dunia nyata


14. Outbreak Company

TopList Anime - 04
Suatu dunia tanpa game di dalamnya. Mungkin Anda tidak akan membayangkan apa yang terjadi bila Anda harus tinggal di dalamnya. Namun, bila suatu kesempatan datang dan Anda, yang berasal dari dunia yang mengenal game, harus pindah ke dunia paralel tersebut dan memperkenalkan game di sana, apakah Anda berminat untuk mengambil pekerjaan penuh resiko tersebut untuk sekedar “berbagi kebahagiaan” dengan penghuninya? Sembari memikirkan jawaban untuk pertanyaan tersebut, tidak ada salahnya Anda mencoba untuk menonton anime yang satu ini yang menggambarkan hal serupa dengan pertanyaan kami di atas.

13. Sword Art Online

TopList Anime - 05
Anime yang satu ini seakan menjadi gambaran yang menarik terkait “game di masa depan”. Melalui virtual reality, kita semua bisa merasakan apa yang ada di dalam game dengan kita seakan benar-benar berada di dalamnya. Gambaran terkait sebuah dunia yang “wah” dengan berbagai elemen menarik di dalamnya tentu akan membuat kita tidak sabar untuk menikmatinya, suatu saat nanti. Namun, apa jadinya bila ada pihak tertentu yang memiliki rencana jahat di balik sebuah game virtual reality tersebut? Bencana! Setelah menonton anime yang satu ini, terlepas dari apa saja “keuntungan” yang bisa didapatkan dari game virtual reality, apakah Anda masih berencana untuk mencoba sistem serupa bila benar-benar hadir di dunia nyata?

12. Accel World

TopList Anime - 06
Dunia nyata kembali bersinggungan dengan dunia game di dalam anime ini. Sang karakter utama dalam anime ini mendapati dirinya berada dalam fenomena aneh, di mana dia merasa sekelilingnya bergerak jauh lebih lambat dari dirinya. Hal itu disebabkan oleh sistem khusus yang membuat penggunanya memiliki kecepatan lebih tinggi dari sekitarnya dengan “biaya” yang harus dibayarkan didapat dari pertarungan melawan orang lain yang menggunakan sistem serupa, yang ternyata adalah sebuah sebuah Augmented Reality MMO. Tema unik ini membuat anime yang satu ini menjadi tontonan menarik yang kami rasa sesuai untuk para gamer.

11. Sakurasou no Pet na Kanojo

TopList Anime - 09
Walaupun pada dasarnya tidak memiliki keterkaitan dengan dunia game, salah satu plot di tengah kisah dalam anime yang satu ini memberikan gambaran terkait betapa sulitnya sebuah ide game diwujudkan ke dunia nyata. Dari apa yang ada di dalam anime ini, mungkin saja, di luar saja, banyak ide game menarik yang telah dikreasikan oleh seseorang tidak sampai ke tangan kita, gamer, karena berbagai hal. Tokoh utama dalam anime ini termasuk salah satu orang yang sayangnya kurang berhasil mewujudkan impiannya membuat sebuah game karena berbagai hambatan yang ada, baik dari dirinya sendiri maupun lingkungan yang kurang mendukung. Patut diakui, mewujudkan suatu game itu sulit. Oleh karena itu, mari kita belajar untuk mengapresiasi game-game yang ada!

10. Watamote

Judul lengkap: Watashi ga Motenai no wa Dou Kangaetemo Omaera ga Warui!
TopList Anime - 12
Populer dan memiliki banyak teman, tetapi hanya di dalam suatu game. Selebihnya, di dunia nyata, kondisi yang ada ternyata berbalik 180° dari kondisi di dalam game. Ya, hal itu mungkin saja Anda alami bila Anda terlalu banyak menghabiskan waktu memainkan game kesayangan Anda dan melupakan pergaulan di dunia nyata. Gambaran gamer seperti itu memang cukup banyak dijumpai di dunia nyata, tetapi mungkin tidak akan seekstrim apa yang ada di dalam anime ini! Namun, bila ternyata setelah menonton anime ini, Anda merasa melihat bayangan diri Anda di dalamnya, mungkin Anda harus mulai memikirkan untuk sejenak meninggalkan game-game Anda dan berinteraksi dengan dunia sekitar. :)

9. Log Horizon

log horizon
Pertama kali mendengar nama Log Horizon, kami sendiri cukup pesimis akan bertemu dengan anime bertema MMO yang banyak “berbeda” dengan produk serupa di pasaran. Namun sejak episode pertama, Log Horizon seolah sudah mampu menetapkan identitasnya sendiri, yang membuatnya tampil berbeda. Ia menawarkan tema dan konflik yang mungkin tidak pernah kita pikirkan sebelumnya sebagai gamer, apa yang terjadi jika suatu saat di masa depan, entah karena alasan apa, kita terjebak di dunia game MMO yang kita sukai. Ia membahas soal perubahan sistem ekonomi, kondisi psikologis mereka yang teprerangkap, konflik dalam Guild, sulitnya sebuah Raid, hingga persaingan melawan NPC. Semua hal yang tidak pernah Anda pikirkan bisa terjadi di dalam skenario seperti ini. Didukung dengan karakterisasi yang kuat dan soundtrack yang gemilang, sulit untuk tidak jatuh hati dengan anime yang satu ini.

8. D-FRAG!

TopList Anime - 02
Kembali ke kaitan dengan pembuatan game, anime yang satu ini mengisahkan kehidupan sehari-hari dari “Game Creation Club” yang ternyata melenceng jauh dari pembuatan game. Berbagai keunikan yang dimiliki masing-masing individu di dalamnya membuat proses pembuatan game yang seharusnya menjadi aktivitas sehari-hari mereka menjadi banyak terhambat. Berbeda dengan anime pilihan kami sebelumnya (Sakurasou no Pet na Kanojo) yang menggambarkan sulitnya membuat game, anime yang satu ini lebih banyak menampilkan sisi fun dari pembuatan sebuah game. Kaitan dengan game dalam bentuk yang unik tersebut menjadikan anime ini salah satu alternatif untuk meluangkan waktu sejenak dari game yang cukup menyenangkan.

7. Nokome

Judul lengkap: Ore no Nōnai Sentakushi ga, Gakuen Rabu Kome o Zenryoku de Jama Shiteiru
TopList Anime - 03
Di dalam berbagai game, Anda akan menjumpai pilihan yang harus Anda pilih sebelum bisa melanjutkan ke tahap berikutnya. Bayangkan, bagaimana bila pilihan itu muncul di kehidupan nyata Anda dan Anda harus memilih salah satu di antaranya untuk menghilangkan suatu kutukan tertentu. Kehidupan Anda akan kacau? Tentunya! Anime ini mengisahkan seseorang yang entah bagaimana mengalami kondisi seperti dalam game tersebut di kehidupannya. Berbagai pilihan, seperti yang umum dijumpai oleh gamer, akan muncul secara tiba-tiba dan memaksanya untuk memilih di antara beberapa pilihan, yang umumnya berimbas tidak menyenangkan. Sajian kocak ini juga kami rasa sesuai sebagai selingan di tengah-tengah kesibukan Anda bermain game.

6. Lucky Star

TopList Anime - 15
Anime yang satu ini kembali kami sebut dalam toplist kali ini. Ya, Lucky Star, dengan tokoh utamanya yang iconic, Konata, tetaplah menjadi satu anime yang layak ditonton oleh Anda, para gamer. Mengapa? Tentunya tidak terlepas dari hobi sang tokoh utama, yaitu bermain game. Banyak sekali percakapan dalam game ini yang dibumbui oleh hal-hal yang ditemukan oleh Konata dalam game favoritnya. Kehidupan Konata yang digambarkan dalam episode-episode Lucky Star mungkin akan memberikan gambaran terkait apa yang pernah Anda alami ketika menjalani hobi Anda sebagai seorang gamer.

5. SKET Dance

TopList Anime - 10
Game memang bukan menjadi topik utama dari game ini. Namun, banyak sekali referensi terkait dunia game yang akan Anda temui di berbagai episode dari anime ini. Termasuk salah satu yang paling menarik adalah ketika para tokoh dalam anime ini memainkan game yang memparodikan beberapa game populer di era 1990-an dalam suatu episode. Anda yang sudah sejak lama terjun di dunia game pasti menemukan sisi menarik tersendiri dari game ini melalui berbagai referensi ke dunia game yang ada di dalamnya, seperti yang satu ini:

4. Oreimo

Judul lengkap: Ore No Imouto Ga Konna Ni Kawaii Wake Ga Nai
TopList Anime - 13
Permasalahan “terkait dunia game” yang ada di anime yang satu ini mungkin bisa dibilang cukup kompleks. Sang tokoh utama harus berurusan dengan adik perempuannya yang seorang otaku, hobi menonton anime dan bermain game. Sayangnya, hampir semua game yang dimainkannya adalah dating sim dengan tema brother complex. Sepanjang anime ini, referensi terkait dating sim dengan tema brother complex akan sangat terasa, dan kebanyakan menjadi bumbu dari kisah dalam anime ini. Walaupun begitu, pesan kami, bila Anda mengalami masalah serupa dengan sang tokoh utama, jangan tiru caranya dalam menyelesaikan permasalahan yang ada.

3. Kami Nomi zo Shiru Sekai

TopList Anime - 07
Anda akan menemui karakter “gamer sejati” dalam diri tokoh utama anime ini, Keima Katsuragi. Walaupun begitu, dia hanya memainkan satu jenis game, yaitu dating sim, bahkan hingga tingkat di mana dia memproklamasikan dirinya sebagai “dewa eroge”. Apa yang terjadi bila “dewa” di dunia eroge diharuskan menggunakan seluruh kemampuannya dalam menaklukkan wanita, di dalam game, untuk menyelamatkan dunia nyata. Sepak terjang dari sang “dewa” dalam mengamalkan apa yang telah dia pelajari di dunia game untuk melaksanakan tugasnya di dunia nyata ini menjadi tontonan yang menarik untuk kita, para gamer.

2. Hi-sCoool! SeHa Girls

TopList Anime - 14
Anda tentunya bisa menebak: kaki siapa ini?
Nama lain dari anime ini, Sega Hard Girl, mungkin akan langsung memberikan Anda bayangan apa isi dari anime ini. Sega! Ya, Sega, perusahaan game terkemuka tersebutlah yang menjadi inti dari anime ini. Tokoh utama dalam anime ini, Dreamcast, Saturn, dan Mega Drive tentunya merujuk pada perangkat yang tidak asing lagi bagi Anda yang besar di era 1990-an. Isi dari episode-episode anime ini juga berpusat pada aktivitas ketiga tokoh tersebut dalam Sehagaga Academy yang antara lain berisi mengunjungi berbagai dunia dalam game populer dari perusahaan tersebut. Ingin mencoba bernostalgia dengan console dan game-game Sega dari era 1990-an, atau ingin mengenal “sejarah” Sega di era tersebut, anime ini cocok untuk Anda tontoh.

1. No Game No Life

TopList Anime - 16
Judul dari anime yang satu ini mungkin bisa diibaratkan sebagai semboyan dari gamer dalam menjalani kehidupannya! Lalu, apakah judul saja sudah cukup membuat anime ini layak ditonton oleh gamer? Tentu saja tidak. Kisah yang diangkat dalam anime ini, tentang 『  』 (blank), yang merupakan sepasang kakak beradik, Sora dan Shiro, yang dianggap sebagai pemain terbaik di suatu game online. Karena keahlian keduanya, mereka mendapatkan tantangan untuk hidup di “dunia game” dan harus berjuang untuk melawan sang “dewa game”. Banyak sekali referensi terkait kehidupan game di dalam anime yang satu ini yang membuatnya sangat layak untuk Anda, sebagai seorang gamer, tonton.
Lima belas anime di atas merupakan rekomendasi kami untuk Anda, gamer, tonton di sela-sela aktivitas sehari-hari. Keterkaitan antara cerita dalam anime-anime tersebut yang bisa dikaitkan langsung dengan keseharian kita sebagai gamer ataupun adanya unsur-unsur yang erat dengan dunia game membuat kami memilih ke-15 anime tersebut untuk toplist kali ini. Bila Anda masih memiliki referensi anime lain yang terkait dengan dunia game yang ingin Anda bagikan ke rekan-rekan Players, silahkan berikan komentar Anda di bagian bawah artikel ini!
Sebagai catatan, kami sengaja tidak menyertakan berbagai anime yang kisahnya diangkat dari suatu game tertentu di dalam daftar ini. Hal itu dilakukan untuk mempersempit pilihan kami terkait kandidat-kandidat yang masuk ke dalam daftar panjang terkait anime yang menarik untuk dinikmati oleh gamer untuk artikel kali ini. Jadi, bila Anda mempertanyakan mengapa anime seperti Clannad, Fate/stay Night, atau Little Busters! tidak masuk ke dalam daftar ini, jawabannya bisa Anda temukan di pernyataan kami di atas.
 

Thanks to : http://jagatplay.com 

 












No comments:

Post a Comment