Sunday, October 21, 2018

KRITIK ARSITEKTUR 3 ANALOGI


Analogi Arsitektur
Para ahli teori arsitektur seringkali mendasarkan diri pada analogi-analogi dalam menganjurkan cara-cara khusus untuk memandang arsitektur. Analogi-analogi digunakan memberikan jalan untuk mengatur tugas-tugas desain dalam tatanan hirarki, sehingga arsitek dapat mengetahui hal-hal mana yang harus dipikirkan dan hal-hal mana yang dapat dibiarkan pada tahap berikutnya dalam proses perancangan. Ada
Ada 8 Analogi dalam Arsitektur yaitu
1.      Analogi Matematis
2.      Analogi Biologis
3.      Analogi Bahasa
4.      Analogi Romantik
5.      Analogi Dramaturgi
6.      Analogi Pemecahan Masalah
7.      Analogi Mekanik
8.      Analogi Adhocis

Salah tiga analogi tersebut yaitu
1. Analogi Dramaturgi
Adalah analogi yang lingkungan buatan dapt dianggap sebagai sebuah pentas panggung. Manusia memainkan peran dan bangunan-bangunan merupakan panggung dan perlengkapn yang menunjang pentas. Arsitek dapat menyebabkan orang bergerak ke suatu arah atau dari arah lain dengan memberikan petunjuk-petunjuk visual. Dalam analogi dramenturgi arsitek bertindak seperti dalang yang mengatur aksi dan menunjangnya. Tokoh yang mengemukakan analogi ini adalah Ervan Goffman.
Contoh Bangunan :
Eiffel Tower, Paris, Stephen Sauvestre
Image result for eiffel tower

Pada bangunan Eiffel tower arsitek Stephen Sauvestre mengutarakan konsep design nya menggunakan analogi dramaturgi dimana ada menggambarkan sesosok wanita feminim yang elegan. Menara Eiffel seakan merepresentasikan bagaimana seorang wanita anggun berdiri, bagaimana bentuk tubuhnya yang elegan.
2. Analogi Mekanik
Adalah analogi yang dimana bangunan seperti hasilnya sebuah mesin seharusnya hanya menyatakan apa sesungguhnya bangunan tersebut dan apa fungsi didalamnya. Bangunan harusnya tidak menyembunyikan fakta-fakta ini dengan hiasan hiasan yang tak relevan dalam bentuk gaya-gaya sebuah bangunan modern harus apa adanya, transparan, dan bersih dari kebohongan-kebohongan atau hal-hal yang tidak prinsipil, untuk menyesuaikan dengan dunia mekanisasi dan transportasi cepat saat ini. Dengan hanya menyatakan apakah meralat dan apakah yang dilakukan, maka keindahan akan dating dengan sendirinya. Tokoh yang mengemukakan analogi ini adalah Le Corbusier.
Contoh bangunan :
Chapelle notre dame du haut, Rome , Lecorbursier
Image result for Chapelle notre dame du haut

Sangat aneh melihat gereja ini dari luar, apalagi melihat kotak tidak beraturan pada fasadnya. Pembagian ruang juga tidak memperhatikan grid, sedangkan lantai tidak rata permukaannya. Ternyata bentuk luar bangunan berpengaruh pada interior yang luar biasa.
Bayangan dan cahaya yang masuk membentuk ‘cinematic architecture’. Tahu penampakan aurora? Begitulah sedikit gambaran versi cahaya berwarnanya. Lantai tidak rata nyatanya menyesuaikan dengan kontur tanah. Sebuah mahakarya arsitektur.
Ide-ide yang menjadi ciri khas Le Corbusier terletak pada hubungan interior dan eksterior bangunan. Eksterior bangunan tidak hanya berdiri sendiri yang hanya mencerminkan tampak luarnya saja, tetapi berpengaruh pada interiornya dan sebaliknya.


3. Analogi Linguistik atau Bahasa
Adalah analogi yang dimana menganut pandangan bahwa bangunan adalah sarana penyampaian informasi kepada para pengamat :
1.      Model sintaksis ( data bahasa )
2.      Arsitektur dianggap terdapat unsure-unsur ( kata-kata ) yang didata menurut aturan tertentu, yang memungkinkan masyarakatdalam suatu kebudayaan tertentu, cepat memahami dan menafsirkan apa yang disampaiakn oleh banguna tersebut.
3.      Model semiotic Semiotic merupakan bagian dari ilmu bahasa yang mempelajari arti-arti kata dan hubungan antara tanda-tanda atau simbol-simbol yang menyertainya.
4.      Model expresionis Bangunan dianggap sebagai suatu wahana yang digunakan arsitek untuk mengungkapkan sikapnya terhadap proyek bangunan tersebut. Ekapresi bangunan dapat mengungkapkan keadaan, lokasi, konstruksi, pemakai, perbedaan fungsi, dll.
Tokoh yang mengemukakan analogi ini yakin Plato dan Aristoteles
Contoh bangunan :
Evelyn Grace Academy, London, Zaha Hadid
Image result for evelyn grace academy LONDON



Dirancang untuk 1200 murid, Evelyn Grace Akademi mempertahankan prinsip pendidikan yang lebih kecil yaitu "sekolah-dalam-sekolah," dengan Sekolah Evelyn dan Grace menengah masing-masing menempatkan 270 murid, dan Evelyn dan Sekolah Grace Menengah Atas menempatkan 330 siswa per sekolah. Masing-masing empat sekolah yang lebih kecil yang terkandung dalam ruang yang sangat fungsional yang memberikan identitas yang berbeda baik secara internal maupun eksternal. tidak hanya memperluas keragaman pendidikan dari bagian aktif dan sejarah kota London, tetapi juga memperbesar dibangunnya lingkungan binaan di area perumahan.Academy ini menyajikan dirinya sebagai tambahan terbuka, transparan dan ramah ke proses regenerasi masyarakat lokal perkotaan.Lokasi strategis dari tapak dalam dua arteri perumahan utama secara alami meminjamkan dibangunnya bentuk untuk menjadi formasi yang koheren. Karena berada pada 2 arteri jalan perumahan utama maka sekolah ini di desain agar identitasnya dapat dilihat dari kedua zona. Sehingga bangunan ini mempunyai 2 tampak depan 

Sumber :
https://kumparan.com/anang-syaifulloh/menjadi-legenda-arsitektur-dunia-ala-le-corbusier
https://dokumen.tips/documents/4-analogi-dalam-arsitektur.html
https://rayhanf97.wordpress.com/2017/05/04/teori-arsitektur/
https://en.wikipedia.org/wiki/Eiffel_Tower



No comments:

Post a Comment